Definisi Tanaman Hidroponik, Sejarah dan Macam Jenis Hidroponik

Definisi Tanaman Hidroponik, Sejarah dan Macam Jenis Hidroponik - Pernah mendengar tentang tanaman hidroponik, tapi belum tahu apa artinya? Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu hidroponik? Jika Sobat pembaca juga memiliki pertanyaan tersebut, tepat sekali jika mengunjungi ini karena kesempatan kali ini seputarhidroponik.blogspot.com memang akan membahas seputar tanaman hidroponik.

Apa itu Hidroponik?

Hidroponik atau yang dalam bahasa inggris menyebutnya hydroponic. Kata hidroponik sendiri berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari 2 kata, yakni hidro yang artinya air dan kata ponos yang memiliki arti daya. Jadi pengertian hidroponik adalah sebuah cara budidaya tanaman yang memanfaatkan air serta tanpa menggunakan tanah sebagai tempat(media) tanam.
Apa itu Hidroponik? Pengertian hidroponik, definisi, sejarah dan macam jenis hidroponik, cara tanam hidroponik, media hidroponik, nutrisi hidroponik, tanaman yang bisa di budidayakan dengan hidroponik
Illustrasi Gambar Tanaman Hidroponik
Hidroponik lebih menekankan kebutuhan nutrisi(unsur hara) bagi tanaman. Tanaman dapat tumbuh dan berkembang secara baik selama kebutuhan nutrisinya dapat tercukupi. Fungsi atau kegunaan tanah hanyalah sebagai bahan penyangga tanaman sementara air berfungsi sebagai pelarut nutrisi yang kemudian akan diserap oleh tanaman. Dari pemikiran seperti inilah akhirnya muncul teknik bertanam hidroponik. Yang mana lebih mengedepankan asupan nutrisi kepada tanaman.

Sejarah Asal Usul Hidroponik

Mungkin ada diantara sobat pembaca seputarhidroponik.blogspot.com yang bertanya-tanya dari manakah asal-usul hidroponik? Dan siapakah orang yang pertamakali menemukan teknik bertanam hidroponik?  Mengutip dari wikipedia, pada awalanya kegiatan budidaya tanaman dengan minim tanah di tulis oleh Francis Bacon yang merupakan seorang peneliti kelahiran London dalam bukunya yang berjudul Sylva Sylvarum, Buku tersebut di cetak pada tahun 1627, persis satu tahun setelah kematian Bacon.
Apa itu Hidroponik? Pengertian hidroponik, definisi, sejarah dan macam jenis hidroponik, cara tanam hidroponik, media hidroponik, nutrisi hidroponik, tanaman yang bisa di budidayakan dengan hidroponik
Illustrasi Gambar Tanaman Hidroponik
Tak beberapa lama semenjak buku tersebut terbit, penelitian mengenai metode tanam dengan media air mulai ramai. Beberapa peneliti lain juga melakukan eksperiment seperti John Woodward ditahun 1699. Dua dekade berikutnya 2 ahli botani asal Jerman, Julius Von Sach dan rekannya Wilhelm Knop menemukan teknik budidaya tanaman tanpa tanah yaitu antara tahun 1859 hingga 1865. Selain mereka bertiga tahun-tahun berikutnya juga muncul beberapa penemuan dari para peneliti lain mengenai teknik-teknik baru dalam budidaya tanaman tanpa tanah.

Di tahun 1929 salah satu penemu bernama William Frederick Gericke asal Universitas California di Brakeley sudah mulai mempromosikan secara terbuka mengenai Solution Culture, yang ia pakai untuk menghasilkan tanaman pertanian. Awalnya Gericke menyebutnya dengan istilah Aquaculture, akan tetapi karena istilah ini telah digunakan sebagai penamaan budidaya hewan air, akhirnya di tahun 1937 ia merubahnya menjadi Hidroponik, yang artinya adalah budidaya tanaman pada air.

Macam Jenis Hidroponik

Secara garis besar metode atau cara tanam hidroponik dibagi menjadi 9 yaitu
  1. Static Solution Culture
  2. Continuous-flow Solution Cultur
  3. Aeroponic
  4. Passive Sub Irigation
  5. Ebb and flow atau flood and drain sub-irrigation
  6. Run to waste
  7. Deep water culture
  8. Bubbleponics
  9. Bioponic
Itulah ulasan singkat mengenai Definisi Tanaman Hidroponik, Sejarah dan Macam Jenis Hidroponik, untuk penjelasan dari masing-masing jenis atau metode penanaman hidroponik akan kita ulas dalam artikel berikutnya. Semoga artikel singkat ini dapat membawa manfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Definisi Tanaman Hidroponik, Sejarah dan Macam Jenis Hidroponik